Pengalaman OSPEK UNY dan OSPEK FIK UNY 2015 serta Pelatihan ICT

Bayangan pertama kali saat mendengar kata “OSPEK” dalam benak saya adalah perploncoan, dipermalukan, dan lain sebagainya. Ternyata dugaan itu salah, saat jadwal OSPEK sudah mendekati keluarlah peraturan tentang OSPEK dan MOS oleh menteri pendidikan. Setelah keluar peraturan tentang OSPEK dan MOS, itu membuat ras takut saya sedikit berkurang. Saat Jadwal OSPEK sudah mendekati, saya sedikit takut. Tapi ternyata saat pelaksanaan OSPEK, sangat menyenangkan menurut saya.

Sebelum OSPEK dimulai 4 hari sebelum Ospek diadakan TM (Technical Meeting) selama 3 hari di ORMAWA Barat FIK. Hari pertama TM rasa takut akan Ospek masih terngiang dibenak saya. Setelah berkumpul, kami diberi pengumuman bahwa Ospek akan diakan 5 hari dengan rincian 2 hari Ospek Universitas yang diselenggarakan di GOR UNY lalu dilanjutkan 3hari Ospek Fakultas yang dilaksanakan di masing – masing fakultas.  Sebelum Ospek kita para maba (mahasiswa baru) akan dibagi kelompok, tetapi pada hari pertama masih dibagi kelompok sementara dan dipandu olek masing – masing senior yang telah terpilih. Setelah dibagi beberapa kelompok masing – masing kelompok dibawa oleh senior pemandu sementara untuk diberi materi dan apa saja yang harus disiapkan saat Ospek berlangsung ke tempat yang setidaknya nyaman. Setelah mendapat tempat yang cocok, hal pertama yang diberikan kepada kelompok saya adalah menghafal yel – yel fakultas yang nantinya akan digunakan saat Ospek Universitas di Gor bersama dengan fakultas yang lain. Setelah berlatih menghafal yel – yel kami diberi penugasan membawa peralatan yang rencananya akan dibuat bersama – sama dengan kelompok tetap pada hari ketiga TM dan akan digunakan saat Ospek Universitas dan Ospek Fakultas. TM pertama selesai dengan materi menghafal yel – yel meskipun belum terlalu hafal dan persiapan peralatan untuk hari ketiga TM.

Esok harinya pada TM kedua, kami dibagi kelompok dan pemandu tetap untuk membuat peralatan pada TM ketiga. Setelah dibagi kelompok, masing – masing kelompok berkumpul bersama pemandu masing – masing untuk diberi pengarahan tentang Ospek. Awal berkumpul kami memperkenalkan diri masing – masing, lalu dipilih ketua kelompok untuk mengkoordinir anggota kelompok. Setelah itu kami diberi penugasan membuat artikel ilmiah ditulis tangan dan di kumpulkan pada hari kedua ospek fakultas, lalu penugasan selanjutnya membuat artikel “jelaskan mengapa memilih uny dan prodi yang dipilih” ditulis tangan pada folio bergaris 1,5 lembar ( 3 halaman ). TM kedua selesai, lalu kami mencari bahan – bahan yang akan dibuat bersama – sama pada TM ketiga.

Keesokan harinya pada TM ketiga, kami bersama – sama membuat semua peralatan yang akan digunakan saat Ospek Universitas maupun Ospek Fakultas. Kami berbagi tugas agar cepat menyelesaikan semua dan segera pulang untuk istirahat. Setelah selesai, kami langsung pulang untuk mempersiapkan semua yang akan dibawa saat Ospek berlangsung. Jeda 1 hari sebelum Ospek kami gunakan sepenuhnya untuk istirahat.

Saat Ospek tiba kami seluruh maba FIK ( Fakultas Ilmu Keolahragaan ) berkumpul dahulu, lalu kami bersama – sama berangkat menuju GOR UNY. Selama 2 hari Ospek Universitas, kami dari masing – masing fakultas berlomba menyerukan yel – yel. Dari 7 Fakultas di UNY, FIK mempunyai jumlah maba paling sedikit tapi FIK tidak kalah bersaing yel – yel dengan fakultas yang lain. Setelah Ospek Universitas dilanjutkan dengan Ospek Fakultas selama 3 hari. Selama Ospek Fakultas, ternyata juga menyenangkan. Ospek Fakultas dilakukan di Hall Tenis Indoor FIK UNY. Selama disana kami di undangkan para pembicara atau narasumber yang inspiratif, seperti Bupati Kulonprogo, atlet nasional panahan uny yang telah memperoleh banyak medali maupun penghargaan, dan masih banyak lagi. Setelah ospek ada jadwal Pelatihan ICT yang diselenggarakan di PUSKOM UNY. Selama pelatihan cukup asik apalagi saya juga menyukai tentang dunia informatika meskipun saya bukan ahlinya. Pelatihan diadakan dari pukul 12.30 – 17.30 di lantai 2. Pemberian materinya cukup jelas meskipun ada beberapa bagian yang masih saya tanyakan. Sekian yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

One thought on “Pengalaman OSPEK UNY dan OSPEK FIK UNY 2015 serta Pelatihan ICT”

  1. Oleg tells these folks he’s shutting the kitchen for just a date
    and will be offering to let all of them tag alongside to watch all of them With approval through lender budgets are
    deposited in the account involving borrower within 24 hour via applying in which all their issues get
    sorted out? If they can take advantage of the loan amount
    smartly, it is possible to enable them to improve their consumer credit status As the name says the cash financial loans 5000 are usually such geared up money advance loans,
    that offer funds up to ?5000, the exact amount that is plenty of for rewarding short term and small
    wants with ease.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 3 =